Allah menurunkan hujan tidaklah sia-sia. Hujan yang Allah turunkan memiliki beberapa hikmah, di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Wujud nyata dari rahmat Allah untuk seluruh makhluk
Allah Taโala berfirman,
ูููููู ุงูููุฐูู ููููุฒูููู ุงููุบูููุซู ู
ููู ุจูุนูุฏู ู
ูุง ููููุทููุง ููููููุดูุฑู ุฑูุญูู
ูุชููู ูููููู ุงููููููููู ุงููุญูู
ููุฏู
โDan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.โ (QS. Asy Syuura: 28). Yang dimaksudkan dengan rahmat di sini adalah hujan sebagaimana dikatakan oleh Maqotil.[1]
2. Rizki bagi seluruh makhluk
Allah Taโala berfirman,
ููููู ุงูุณููู
ูุงุกู ุฑูุฒูููููู
ู ููู
ูุง ุชููุนูุฏูููู
โDan di langit terdapat rezkimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu.โ (QS. Adz Dzariyat: 22). Yang dimaksud dengan rizki di sini adalah hujan sebagaimana pendapat Abu Sholih dari Ibnu โAbbas, Laits dari Mujahid dan mayoritas ulama pakar tafsir.[2]
Ath Thobari mengatakan, โDi langit itu diturunkannya hujan dan salju, di mana dengan sebab keduanya keluarlah berbagai rizki, kebutuhan, makanan dan selainnya dari dalam bumi.โ[3]
3. Pertolongan untuk para wali Allah
Allah Taโala berfirman,
ุฅูุฐู ููุบูุดูููููู
ู ุงููููุนูุงุณู ุฃูู
ูููุฉู ู
ูููููู ููููููุฒูููู ุนูููููููู
ู
ููู ุงูุณููู
ูุงุก ู
ูุงุก ูููููุทููููุฑูููู
ุจููู ููููุฐูููุจู ุนููููู
ู ุฑูุฌูุฒู ุงูุดููููุทูุงูู ููููููุฑูุจูุทู ุนูููู ูููููุจูููู
ู ููููุซูุจููุชู ุจููู ุงูุฃูููุฏูุงู
ู
โ(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kaki(mu).โ (QS. Al Anfal: 11)
Ibnu Jarir Ath Thobari rahimahullah mengatakan, โHujan yang dimaksud di sini adalah hujan yang Allah turunkan dari langit ketika hari Badr dengan tujuan mensucikan orang-orang beriman untuk shalat mereka. Karena pada saati itu mereka dalam keadaan junub namun tidak ada air untuk mensucikan diri mereka. Ketika hujan turun, mereka pun bisa mandi dan bersuci dengannya. Setan ketika itu telah memberikan was-was pada mereka yang membuat mereka bersedih hati. Mereka dibuat sedih dengan mengatakan bahwa pagi itu mereka dalam keadaan junub dan tidak memiliki air. Maka Allah hilangkan was-was tadi dari hati mereka karena sebab diturunkannya hujan. Hati mereka pun semakin kuat. Turunnya hujan ini pun menguatkan langkah mereka. … Inilah pertolongan Allah kepada Nabi-Nya dan wali-wali Allah. Dengan sebab ini, mereka semakin kuat menghadapi musuh-musuhnya.โ[4]
4. Sebagai alat untuk bersuci hamba-hamba Allah
Dalilnya adalah sebagaimana disebutkan dalam point ke-3, Allah Taโala berfirman,
ููููููุฒูููู ุนูููููููู
ู
ููู ุงูุณููู
ูุงุก ู
ูุงุก ูููููุทููููุฑูููู
ุจููู
โdan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan ituโ (QS. Al Anfal: 11). Imam Ats Tsaโlabi mengatakan, โAir hujan ini bisa digunakan untuk menyucikan hadats dan junub.โ[5]
5. Permisalan akan kekuasaan Allah menghidupkan kembali makhluk kelak pada hari kiamat
Hal ini dapat kita saksikan dalam beberapa ayat berikut ini.
ููุงููููู ุฃููุฒููู ู
ููู ุงููุณููู
ูุงุก ู
ูุงุก ููุฃูุญูููุง ุจููู ุงูุฃูุฑูุถู ุจูุนูุฏู ู
ูููุชูููุง ุฅูููู ููู ุฐููููู ูุขููุฉู ูููููููู
ู ููุณูู
ูุนูููู
โDan Allah menurunkan dari langit air (hujan) dan dengan air itu dihidupkan-Nya bumi sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang mendengarkan (pelajaran). โ (QS. An Nahl: 65)
ูููููู ุงูููุฐูู ููุฑูุณููู ุงูุฑููููุงุญู ุจูุดูุฑูุง ุจููููู ููุฏููู ุฑูุญูู
ูุชููู ุญูุชููู ุฅูุฐูุง ุฃููููููุชู ุณูุญูุงุจูุง ุซูููุงูุงู ุณูููููุงูู ููุจูููุฏู ู
ูููููุชู ููุฃููุฒูููููุง ุจููู ุงููู
ูุงุก ููุฃูุฎูุฑูุฌูููุง ุจููู ู
ูู ููููู ุงูุซููู
ูุฑูุงุชู ููุฐููููู ููุฎูุฑูุฌู ุงููู
ููุชูู ููุนููููููู
ู ุชูุฐููููุฑูููู
โDan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.โ (QS. Al Aโrof: 57)
ุฅููููู
ูุง ู
ูุซููู ุงููุญูููุงุฉู ุงูุฏููููููุง ููู
ูุงุก ุฃููุฒูููููุงูู ู
ููู ุงูุณููู
ูุงุก ููุงุฎูุชูููุทู ุจููู ููุจูุงุชู ุงูุฃูุฑูุถู ู
ูู
ููุง ููุฃููููู ุงููููุงุณู ููุงูุฃูููุนูุงู
ู ุญูุชูููู ุฅูุฐูุง ุฃูุฎูุฐูุชู ุงูุฃูุฑูุถู ุฒูุฎูุฑูููููุง ููุงุฒูููููููุชู ููุธูููู ุฃูููููููุง ุฃููููููู
ู ููุงุฏูุฑูููู ุนูููููููุง ุฃูุชูุงููุง ุฃูู
ูุฑูููุง ูููููุงู ุฃููู ููููุงุฑูุง ููุฌูุนูููููุงููุง ุญูุตููุฏูุง ููุฃูู ูููู
ู ุชูุบููู ุจูุงูุฃูู
ูุณู ููุฐููููู ููููุตูููู ุงูุขููุงุชู ููููููู
ู ููุชููููููุฑูููู
โSesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami turunkan dan langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam-tanaman bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-permliknya mengira bahwa mereka pasti menguasasinya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanam-tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang berfikir.โ (QS. Yunus: 24)
ุฅูููู ููู ุฎููููู ุงูุณููู
ูุงููุงุชู ููุงูุฃูุฑูุถู ููุงุฎูุชููุงููู ุงูููููููู ููุงููููููุงุฑู ููุงูููููููู ุงูููุชูู ุชูุฌูุฑูู ููู ุงููุจูุญูุฑู ุจูู
ูุง ูููููุนู ุงููููุงุณู ููู
ูุง ุฃููุฒููู ุงููููู ู
ููู ุงูุณููู
ูุงุก ู
ูู ู
ููุงุก ููุฃูุญูููุง ุจููู ุงูุฃุฑูุถู ุจูุนูุฏู ู
ูููุชูููุง ููุจูุซูู ูููููุง ู
ูู ููููู ุฏูุขุจููุฉู ููุชูุตูุฑูููู ุงูุฑููููุงุญู ููุงูุณููุญูุงุจู ุงููู
ูุณูุฎููุฑู ุจููููู ุงูุณููู
ูุงุก ููุงูุฃูุฑูุถู ูุขููุงุชู ูููููููู
ู ููุนูููููููู
โSesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.โ (QS. Al Baqarah: 164)
ููู
ููู ุขูููุงุชููู ุฃูููููู ุชูุฑูู ุงููุฃูุฑูุถู ุฎูุงุดูุนูุฉู ููุฅูุฐูุง ุฃูููุฒูููููุง ุนูููููููุง ุงููู
ูุงุกู ุงููุชูุฒููุชู ููุฑูุจูุชู ุฅูููู ุงูููุฐูู ุฃูุญูููุงููุง ููู
ูุญูููู ุงููู
ูููุชูู ุฅูููููู ุนูููู ููููู ุดูููุกู ููุฏููุฑู
โDan di antara tanda-tanda-Nya (Ialah) bahwa kau lihat bumi kering dan gersang, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya, Pastilah dapat menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.โ (QS. Fushshilat: 39)
ููุฃูุญูููููููุง ุจููู ุจูููุฏูุฉู ู
ูููุชูุง ููุฐููููู ุงููุฎูุฑููุฌู
โDan Kami hidupkan dengan air itu tanah yang mati (kering). Seperti itulah terjadinya kebangkitan.โ (QS. Qaaf: 11)
6. Adzab atas para pelaku maksiat
Hal ini dapat kita lihat pada firman Allah Taโala tentang adzab pada kaum Nuh,
ููููููู ููุง ุฃูุฑูุถู ุงุจูููุนูู ู
ูุงุกููู ููููุง ุณูู
ูุงุกู ุฃูููููุนูู ููุบููุถู ุงููู
ูุงุกู ููููุถููู ุงููุฃูู
ูุฑู ููุงุณูุชูููุชู ุนูููู ุงููุฌููุฏูููู ููููููู ุจูุนูุฏูุง ููููููููู
ู ุงูุธููุงููู
ูููู
โDan difirmankan: “Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,” dan air pun disurutkan, perintah pun diselesaikan dan bahtera itu pun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: “Binasalah orang-orang yang zalim .”โ (QS. Hud: 44)
Allah Taโala juga menceritakan mengenai kaum โAad,
ููููู
ููุง ุฑูุฃููููู ุนูุงุฑูุถูุง ู
ูุณูุชูููุจููู ุฃูููุฏูููุชูููู
ู ููุงูููุง ููุฐูุง ุนูุงุฑูุถู ู
ูู
ูุทูุฑูููุง ุจููู ูููู ู
ูุง ุงุณูุชูุนูุฌูููุชูู
ู ุจููู ุฑููุญู ูููููุง ุนูุฐูุงุจู ุฃููููู
ู (24) ุชูุฏูู
ููุฑู ููููู ุดูููุกู ุจูุฃูู
ูุฑู ุฑูุจููููุง ููุฃูุตูุจูุญููุง ููุง ููุฑูู ุฅููููุง ู
ูุณูุงููููููู
ู ููุฐููููู ููุฌูุฒูู ุงููููููู
ู ุงููู
ูุฌูุฑูู
ูููู (25)
โMaka tatkala mereka melihat azab itu berupa awan yang menuju ke lembah-lembah mereka, berkatalah mereka: “Inilah awan yang akan menurunkan hujan kepada kami”. (Bukan!) bahkan itulah azab yang kamu minta supaya datang dengan segera (yaitu) angin yang mengandung azab yang pedih, yang menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Tuhannya, maka jadilah mereka tidak ada yang kelihatan lagi kecuali (bekas-bekas) tempat tinggal mereka. Demikianlah Kami memberi balasan kepada kaum yang berdosa.โ (QS. Al Ahqaf: 24-25)
โAisyah radhiyallahu โanha menceritakan,
ููููุงูู ุฅูุฐูุง ุฑูุฃูู ุบูููู
ูุง ุฃููู ุฑููุญูุง ุนูุฑููู ููู ููุฌููููู . ููุงููุชู ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุฅูููู ุงููููุงุณู ุฅูุฐูุง ุฑูุฃูููุง ุงููุบูููู
ู ููุฑูุญููุง ุ ุฑูุฌูุงุกู ุฃููู ููููููู ููููู ุงููู
ูุทูุฑู ุ ููุฃูุฑูุงูู ุฅูุฐูุง ุฑูุฃูููุชููู ุนูุฑููู ููู ููุฌููููู ุงููููุฑูุงููููุฉู . ููููุงูู ยซ ููุง ุนูุงุฆูุดูุฉู ู
ูุง ููุคูู
ููููู ุฃููู ููููููู ููููู ุนูุฐูุงุจู ุนูุฐููุจู ููููู
ู ุจูุงูุฑูููุญู ุ ููููุฏู ุฑูุฃูู ููููู
ู ุงููุนูุฐูุงุจู ููููุงูููุง ( ููุฐูุง ุนูุงุฑูุถู ู
ูู
ูุทูุฑูููุง ) ยป
โJika Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam melihat mendung atau angin, maka raut wajahnya pun berbeda.โ โAisyah berkata, โWahai Rasululah, jika orang-orang melihat mendung, mereka akan begitu girang. Mereka mengharap-harap agar hujan segera turun. Namun berbeda halnya dengan engkau. Jika melihat mendung, terlihat wajahmu menunjukkan tanda tidak suka.โ Beliau pun bersabda, โWahai โAisyah, apa yang bisa membuatku merasa aman? Siapa tahu ini adaah adzab. Dan pernah suatu kaum diberi adzab dengan datangnya angin (setelah itu). Kaum tersebut (yaitu kaum โAad) ketika melihat adzab, mereka mengatakan, โIni adalah awan yang akan menurunkan hujan kepada kita.โ[6]
Sajian ini diambil dari buku penulis yang sebentar lagi akan diterbitkan Pustaka Muslim seputar masalah fikih hujan. Semoga Allah mudahkan penerbitannya.
Wallahul muwaffiq.
@ Sakan 27 KSU, Riyadh KSA, menjelang waktu Maghrib.
28 Syawwal 1432 H (26/09/2011)
www.rumaysho.com
[1] Lihat Zaadul Masiir, 5/322.
[2] Lihat Zaadul Masiir, 5/421.
[3] Tafsir Ath Thobari, 21/520.
[4] Tafsir Ath Thobari, 11/61-62.
[5] Tafsir Al Kasysyaf wal Bayan, 6/17.
[6] HR. Bukhari no. 4829 dan Muslim no. 899.
sumber : ahsan tv indonesia, www.facebook.com