Free songs
Home / Fiqih / SOMBONG MEBUTAKAN HATI

SOMBONG MEBUTAKAN HATI

Sombong adalah sebuah persaan hati, atau ucapan lisan atau perbuatan anggota badan manusia yang mencerminkan penolakan terhadap kebenaran dan penghinaan atas makhluk lain baik manusia, hewan, tumbuhan ataupun yang lainya

apa jadinya dunia ini jika semua orang menolak kebenaran(sombong). Bayangkan saja, jika tidak ada orang yang menerima kebenaran sudah dapat di pastikan kejahatan muncul dimana2 apalagi hanya masalah sepele, tidak mau di salahkan. Inilah kesombongan, dengan kesombongan seseorang  senantiasa merasa dirinya slalu berbuat benar walaupun sebenarnya berbuat salah.

Mari kita mengambil plajaran dari umat-umat terdahulu yang telah Allah kisahkan dalam  Al qur’an, semua kesesatan yang mereka alami, karna mereka menolak kebenaran .berikut kisahnya;

KAUM AD.

Kaum ad (kaum nabi Hud as) mereka menyombongkan diri di muka bumi ini tanpa mengindahkan kebenaran, dan mereka berkata; ”siapakah yang lebih kuat dari kami”. Tidakkah mereka perhatikan bahwa Allah yang menciptakan mereka tentulah lebih kuat dari mereka dan mereka mengingkari tanda2 kebesaran Allah.  dan akibatnya; ”maka kami tiupkan angin yang bergemuruh pada mereka dalam beberapa hari yang nahas agar kami membuat mereka merasakan siksaan kami yang menghinakan di dunia”(qs.fushilat;15)

KAUM NABI SYU’AIB

Para pemuka dari kaum nabi syuaib yang menyombongkan diri berkata; ”wahai syuaib,sungguh akan kami usir engkau bersama orang2 yang berimandari negri kami, kecuali engkau .kembali ke agama kami  dan akibatnya; ” lalu datanglah gempa  menimpa mereka dan mereka pun mati bergelimpangan didalam reruntuan rumah mereka”(qs. Al a’rof;91)

KAUM TSAMUD

orang2 yang menyombongkan diri berkata(kepada orang2 yang beriman terhadap kerosulan nabi soleh); ”sesungguhnya kami orang2 yang tidak percaya terhadap apa yang kamu sekalian imaniitu”(qs Al a’rof;76) lalu ahirnya mereka dengan sombongnya melanggar denagan menyembelih unta yang jadi bukti kebesaran Allah ta’ala. dan akibatnya; ” lalu datanglah gempa menimpa mereka,dan mereka pun mati bergelimpangan didalam reruntuhan rumah mereka”(qs Al a’rof;78)

Itulah beberapa kisah dalam al qur;an yang menunjukan bahwa salah satu penyebeb Allah mengadzab adalah kesombongan dalam menolak kebenaran.

About Fawwaz Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top