sejarah sabelum hari kemerdekaan

Tanggal 16 Agustus.
Pada tanggal itu,banyak peristiwa yg terjadi. Dan terjadi pada tahun1945. Para golongan muda mendesak Sang proklamator,Ir. Soekarno untuk segera memerdekakan Negara Indonesia. Hal ini menyebabkan Peristiwa Rengasdengklok, 2 Tokoh Penting Golongan Tua (Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta) Diamankan oleh para golongan muda dari pengaruh Jepang.
Setelah dipulangkan dari rengasdengklok. Ir.Soekarno bersama Drs.Moh.Hatta dan beberapa tokoh golongan tua yg lain merancang konsep naskah proklamasi di rumah Laksamana Maeda,Orang jepang yg mempunyai hati yg mulia. Dan naskah konsep itu diketik oleh Sayuti melik agar menjadi naskah yg autentic.
Dan keesokan Harinya Terjadilah suatu peristiwa penting bagi bangsa Indonesia.
“Proklamasi Kami Bangsa Indonesia,Denga n Ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yg mengenai pemindahan kekuasaan,Dan lain- lain. Diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yg sesingkat-singk atnya.”
Itulah Suatu rangkaian Kata yg sederhana namun penuh makna.
Perjuangan dan pengorbanan yg selama ini telah menumpahkan Banyak darah diseluruh tanah Indonesia. Terbayar sudah. 1 Hari yg menghasilkan suatu hal yg besar dan tak mampu dihancurkan oleh Masa.
Dari peristiwa yg terjadi tersebut. Ambil pelajaran berharga yg sangat mudah saja. Kita ibaratkan Hidup kita ini hanya 1 hari. Tetapi bagaimana kita bisa merasakan puas setelah kita tiada ini..
Buat sesuatu yg membanggakan dan cukup untuk dihargai orang lain. Dan Lebih baik mati daripada tak berjasa sama sekali.
Ir.Soekarno pernah berkata. “Jas Merah” 2 kata tsb merupakan kependekan kata dari “Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah” Kita merupakan seorang orang tua nantinya. Jika anak cucu kita tanya tentang sejarah bangsa kita. Kita harus melestarikan,me ngingatkan dan menamkan pesan moral dari makna kemerdekaan kepada anak cucu kita. Mengisi kemerdekaan bukan dengan mengatakan “Selamat Hari Proklamasi” Tapi dengan “tindakan nyata yg membanggakan Bangsa.”

 

sumber:indra isthu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.