Menjawab Salam Dari Orang Non Muslim

Ada sebuah hadis yang menerangkan bahwa dulu Nabi pernah memerintahkan kepada para sahabatnya ketika mendapat salam dari orang yahudi dengan diperintahkan untuk menjawab “wa’alaikum”(begitu juga padamu). oleh karena ada alasan bahwa orang yahudi ketika memberi salam kepada orang islam diplesetkan yanag asalnya “assalamu’alaikum” menjadi “assamu’alaikum” dengan cepat sehingga tidak terlihat

“asalamu’alaikum” dengan “assamu’alaikum” hampir sama padahal artinya jauh berbeda. salam artinya keselamatan. sedangkan asamu’alaikum artinya kematian atasmu (semoga kamu cepat mati/mampus!!!) . Maka dari itu Nabi menganjurkan jawablah “wa’alaikum” (dan kepadamu juga)

Mungkin sekarang tidak terjadi seperti itu, lain masalah berbeda. Dan sekarang ini ketika menjawab mungkin tidak ada maslah *seperti biasa* dengan niatan mudah-mudahan engkau mendapat petunjuk dari Allah . Jadi kita mendo’akan orang-orang non muslim mendapat petunjuk memang mengikuti apa yang dulu di lakukan Rosulullah saw. Rosul sering mendo’akannya , tentunya kita sebagai umatnya juga boleh begitu.

Sumber: KH mukhlas hasyim M.A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.