Semarak Mukhafadhah Kubro MMA

Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.  Kehadiran pepatah asli bangsa ini nampak begitu nyata  pada acara Mukhafadah Kubro  siswa-siswi MMA, selasa (24/05). Setelah setahun mengumpulkan bait demi bait hafalan, bertempat di GOR Al Hikmah 2, pagi itu seluruh siswa menyetorkan hafalannya.

Kelegaan tampak jelas dari  wajah para siswa selepas menyetorkan hafalannya dengan “selamat”. Setalah setahun penuh berusaha menghafal, selasa pagi itu buah jerih payah itu terunduh juga.

Terlebih bagi siswa, yang kemudian namanya disebut Kepala Madrasah sebagai siswa dengan nilai terbaik.  Kegigihan usaha penuh setahun untuk menghafal  nadzam itu makin bertambah manis.

Pada gelaran Mukhafadah Kubro ini setiap siswa MMA memang wajib untuk menyetorkan hafalan. Tergantung tingkatan masing-masing.  Mulai dari nadzam Hidayatussibyan dan ‘Imrithi separuh untuk SP dan kelas I, ‘Imrithi khatam untuk kelas dua, Alfiah tiga ratus lima puluh bait untuk kelas tiga, Alfiah enam ratus bait untuk kelas empat serta Alfiah khatam untuk kelas lima dan enam.

Pada pelaksanaannya, jumlah keseluruhan siswa dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil, berdasarkan kelas dengan didampingi satu orang penguji. Satu-persatu siswa sesuai nomer urut kemudian maju menghadap penguji.

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Madrasah, DR. H. Najib Afandi, MA itupun berlangsung khidmat.  Masing-masing siswa dengan penuh konsentrasi melantunkan bait perbait nadzam pada pengujinya. Seolah tak mau kalah, para penguji yang tak lain adalah para pengampu di MMA pun dengan cermat menyimak setiap bait yang disetorkan para peserta.

Mukhafadah Kubro ditutup dengan pengumuman peserta mukhafadhah dengan predikat terbaik, disusul santap siang bersama dewan asatidz dan seluruh siswa MMA.

Fokus Kitab Kuning

Kegiatan Mukhafadoh Kubro adalah wujud nyata dari komitmen MMA, sebagai lembaga pendidikan yang mengambil fokus kajian pada pembelajaran kitab kuning. Bermacam  bidang kajian keilmuan Islam secara intens di pelajari di lembaga ini. Selain kitab kuning, beberapa program unggulan MMA adalah  diskusi masalah agama, bahasa Arab, khataman ‘Imrithi, Khataman Alfiah serta Munaqasah Kitab Fathul Mu’in.

Khataman ‘Imrithi dan Alfiah sendiri tahun ini, direncanakan dilaksanakan pada 5 Juni 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.